KULINER INDONESIA KHAS BETAWI

Indonesia kaya akan kuliner khas dari berbagai daerah. dengan bahan-bahan yang tentu nya alami dan menyehatkan. Inilah yang membedakan kuliner Indonesia dengan Negara lainnya.

salah satunya adalah kuliner khas dari Jakarta atau Betawi. Kuliner Betawi beranekaragam dan mempunyai cita rasa yg khas dan nama yg unik.

seperti kuliner yang satu ini

BIR PLETOK

minuman khas Betawi ini terbuat dari bahan rempah-rempah alami Indonesia salah satunya adalah jahe yang sangat berkhasiat bagi tubuh dan bisa digunakan sebagai obat masuk angin.

walawpun ada kata bir minuman ini tidak mengandung alkohol. minuman ini sangat baik untuk dikonsumsi bagi anak-anak, remaja, orang dewasa hingga manula, karena minuman ini menyehatkan , alami dan tanpa bahan pengawet.

Namun sekarang minuman ini sangat sulit ditemui di Jakarta karena pengaruh masuk nya minuman-minuman import yang mempunyai variasi rasa. padahal minuman ini berbeda dari minuman lainnya.

KERAK TELOR

Kerak Telor makanan khas Betawi yang terbuat dari beras ketan, telur ayam/bebek, ebi yang telah dikeringkan lalu ditambah bawang goreng, diberikan bumbu berupa kelapa yang telah disangrai, jahe, merica, garam dan gula.

bumbu-bumbu itulah yang membuat kerak telor khas dan berbeda dengan makanan-makanan lainnya. kerak telor makanan yang paling banyak digemari di Jakarta. kerak telor banyak ditemui ditempat-tempat wisata seperti Monas , dll.

kerak telor juga bisa ditemui di pesta rakyat yaitu di Pekan Raya Jakarta (PRJ) Kemayoran, dengan harga yang terjangkau dan rasa yang enak membuat kerak telor diburu oleh semua warga bukan hanya dari Jakarta saja tetapi juga dari luar Jakarta bahkan mancanegara.

Betapa bangga nya jika kuliner Indonesia dapat menembus pasar internasional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s