PENGERTIAN MANAJEMEN

PENGERTIAN MANAJEMEN

A.    DEFINISI MANAJEMEN

Pengertian manajemen dapat dilihat dari tiga pengertian :

  1. Manajemen sebagai suatu proses, Melihat bagaimana cara orang untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.
  2. Manajemen sebagai suatu kolektivitas manusia, Suatu kumpulan dari orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama. kolektivitas atau kumpulan dari orang-orang inilah yang disebut Manajemen, sedangkan orang yang bertanggung jawab terhadap terlaksananya tujuan atau berjalannya aktivitas manajemen disebut Manajer.
  3. Manajemen sebagai ilmu (science) dan sebagai seni (art), Melihat bagaimana aktivitas manajemen dihubungkan dengan prinsip-prisnip dari manajemen.

Dari definisi diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen yaitu koordinasi semua sumber daya melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penetapan tenaga kerja, arahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

B.     MANAJEMEN SEBAGAI ILMU DAN SEBAGAI SENI

Manajemen sebagai suatu ilmu pengetahuan, karena telah dipelajari sejak lama, dan telah diorganisasikan menjadi suatu teori. Sedang manajemen sebagai suatu seni, disini memandang bahwa didalam mencapai suatu tujuan diperlukan kerjasama dengan orang lain.

Pada hakekatnya kegiatan manusia pada umum nya adalah managing(mengatur), untuk mengatur disini diperlukan suatu senni, bagaimana orang lain melakukan pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama.

C.    MANAJEMEN SEBAGAI SUATU PROFESI

Edgar H. Schein dalam buku nya yang berjudul “Organizational Socialization and the profession of Management” menguraikan karakteristik atau kriteria-kriteria sesuatu bisa dijadikan suatu profesi, yaitu :

  1. Para  professional membuat keputusan atas dasar prinsip-prinsip umum yang berlaku dalam situasi dan lingkungan.
  2. Para professional memperoleh status dengan cara mencapai suatu standar prestasi kerja tertentu.
  3. Para professional harus ditentukan oleh suatu kode etik yang kuat.

D.    TINGKATAN MANAJEMEN DAN MANAJER

Manajer dapat diklasifikasikan dalam 2 cara :

1.      Tingkatan dalam organisasi

Bila dilihat dari tingkatan dala organisasi, manajemen dibagi menjadi 3 golongan :

  1. Manajemen lini : tingkatan yang paling rendah dalam suatu organisasi, dimana seseorang bertanggungjawab atas pekerjaan orang lain.
  2. Manajemen menengah : mencakup lebih dari satu tingkatan dalam organisasi.
  3. Manajemen puncak : terdiri atas kelompok yang relative kecil, yang bertanggungjawab atas manajemen keseluruhan dari organisasi.

2.      Lingkup kegiatan yang dilakukan

Menurut kegiatan yang dilakukan dibagi menjadi 2 :

  1. Manajer fungsional : yang bertanggungjawab pada suatu kegiatan organisasi seperti produksi, pemasaran, keuangan, dan lain sebagainya.
  2. Manajer umum : membawahi unit yang lebih rumit

 

E.     FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN

    1. Forecasting (ramalan) : kegiatan meramalkan kemungkinan yang akan terjadi bila sesuatu dikerjakan.
    2. Planning (perencanaan) : penentu kegiatan untuk mencapai hasil yang diharapkan
    3. Organizing (organisasi) : pengelompokkan kegiatan untuk mencapai tujuan
    4. Staffing atau Assembling resources (penyusunan personalia) : penyusunan personalia sejak dari penarikan tenaga kerja baru.
    5. Directing atau Commanding (pengarahan/mengkomando) : usaha member bimbingan saran-saran dan perintah dalam pelaksanaan tugas.
    6. Leading : pekerjaan manajer untuk meminta orang lain agar bertindak sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
    7. Coordinating (koordinasi) : menyelaraskan tugas atau pekerjaan agar tidak terjadi kekacauan.
    8. Motivating (motivasi) :  pemberian semangat, inspirasi, dan dorongan kepada bawahan.
    9. Controlling (pengawasan) : penemuan dan penerapan cara dan peralatan untuk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai tujuan.
    10. Reporting (pelaporan) : penyapaian hasil kegiatan baik secara tertulis maupun lisan.

Fungsi manajer keluar perusahaan :

  1. Mewakili perusahaan dibidang pengadilan.
  2. Ambil bagian sebagai warga Negara biasa.
  3. Mangadakan hubungan dengan unsur-unsur masyarakat.

Mengapa Manajemen diperlukan ?

  1. Tujuan yang hendak dicapai
  2. Kepentingan yang berbeda
  3. Mecapai efisiensi dan efektvitas

Konsep utama untuk mengukur prestasi kerja :

  1. Efisien
  2. Efektifitas

Sarana-sarana manejemn yang ada :

  1. Men atau manusia
  2. Money atau uang
  3. Material atau bahan-bahan
  4. Method atau cara pelaksanaan
  5. Market atau pasar

Kegiatan-kegiatan manajer yang dilakukan dalam menghadapi masyrakat luar :

  1. Mengadakan pengumuman komunike dan artikel
  2. Menyelenggarakan konferensi pers
  3. Menyelenggarakan pameran
  4. Mengadakan kontrak
  5. Mengatur siaran-siaran radio, tv, dan bioskop
  6. Membuat analisi pendapatan umum
  7. Menerima kunjungan pihak luar kedalam perusahaan
  8. Memberikan bantuan kepada masyarakat
  9. Memperkejakan masyarakat disekitar lokasi perusahaan

Tugas-tugas penting yang dilaksanakan manajer

  1. Bekerja dengan melalui orang lain
  2. Menyeimbangkan berbagai tujuan yang saling bertentangan
  3. Bertanggung jawab dan mempertanggung jawabkan
  4. Berpikir secara analistis dan konseptual
  5. Sebagai mediator antar anggota
  6. Sebagai seorang politisi
  7. Sebagai seorang diplomat
  8. Manajer dapat mengambil keputusan dalam memecahkan masalah

Peranan manajer

  1. 1.      Peran antar pribadi
    1. Sebagai pemuka simbolis : menjamu tamu
    2. Pemimpin : mendidik, mengatur, memimpin, memberikan motivasi
    3. Perantara : berhubungan baik dengan pihak ekstern
    4. 2.      Peranan informasional
      1. Monitoring aliran informasi yang ada baik kedalam maupun keluar
      2. Penerus informasi : menyebarkan informasi kepada bawahannya
      3. Perwakilan : sebagai wakil dari perusahaan keluar perusahaan
  1. 3.      Peranan pembuatan keputusan
    1. Wiraswasta : inisiatif dan kreativ sendiri
    2. Penangkal kesulitan : penanggulangan pemogokan, pembatalan kontrak, penampung keluhan, kekurangan bahan dan lain sebagainnya
    3. Pengalokasian sumberdaya : kepada siapa, kapan, untuk apa dan bagaimana sumberdaya yang dipunyainya dialokasikan
    4. Negotiator : melakukan perundingan dengan pihak lain

Keterampilan Manajer

  1. Keterampilan konseptual : mengkordiansikan seluruh kepentingan dan kegiatan organisasi
  2. Keterampilan kemanusiaan : kemampuan untuk saling bekerjasama dengan memahami dan memotivasi orang lain
  3. Keterampilan administrasi : kemampuan yang ada hubungan dengan fungsi-fungsi manajemen yang dilakukan
  4. Keterampilan teknik : kemampuan dalam menggunakan peralatan sesuai dengan prosedur dan metode bidang tertentu.

 

 

sumber :

M. A. Mukhyi, Pengantar Manajemen Umum, Gunadarma, Jakarta, 1995

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s