PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN

PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN

PENGERTIAN PEMASARAN

Pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna mmemenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikan melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.

Unsur pokok dalam kegiatan pemasaran adalah :

Pemasar

Pemasar adalah organisasi perusahaan atau perorangan yang mempunyai tujuan tertentu bagi organisasi maupun pribadinya. Tujuan pemasar tersebut misalnya keuntungan, survive, pangsa pasar, kesetiaan pelanggan, kesejahteraan, dan sebagainya yang harus dipenuhi.

Pemasar dapat merupakan :

  1. Produsen
  2. Organisasi
  3. Pemerintah

 

Barang dan Jasa

Apapun bentuk sesuatu yang ditawarkan produsen untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen. Barang dapat bersifat konkret, tidak konkret atau kombinasinya.

 

Pasar

Pasar adalah konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa.

 

Proses pertukaran

Pertukaran adalah kegiatan dua pihak yang masing-masing memerlukan sesuatu milik pihak yang lain sebagai usaha untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan masing-masing.

 

LINGKUP PENGERTIAN PEMASARAN

PEMASARAN MIKRO-EKSTERNAL

Lingkup kegiatan pemasaran melibatkan antara kepentingan internal (lingkup mikro perusahaan) pemasar dengan pasar pada posisi eksternal perusahaan (orientasi eksternal). Pengertian pemasaran yang mmelibatkan lingkup mikro perusahaan dengan orientasi eksternal dapat dikelompokan sebagai pengertian pemasaran mikro-eksternal atau sering dikenal sebagai pemasaran eksternal.

PEMASARAN MIKRO-INTERNAL

Untuk pencapaian tujuan organisasi pada lingkup mikro perusahaan, dukungan pihak internal (pemodal, pelaksanan, dan pengelola) sangat diperlukan. Mereka mempunyai kebutuhan-kebutuhan yang juga perlu dipenuhi. Perusahaan perlu memenuhi kebutuhan , mereka agar tujuan organisasi terpenuhi. Usaha-usaha ini sebenarnya juga merupakan kegiatan pemasaran yang berorientasi internal perusahaan.

PEMASARAN MAKRO-EKSTERNAL

Pemasaran makro adalah proses penyebaran dan pengembangan kualitas hidup masyarakat.

Kesenjangan antara masyarakat produsen dan masyarakat konsumen dapat disusun sebagai berikut :

 

KECENDERUNGAN PRODUSEN

DISKREPANSI

KECENDERUNGAN KONSUMEN

Lokasi industri memusat atau mengelompok di daerah industri SPASIAL Lokasi konsumen tersebar pada daerah pemukiman
Produsen memproduksi pada saat tertentu atau periodic WAKTU Konsumen memerlukan barang setiap saat atau tak tentu
Jumlah yang diproduksi skala besar atau tertentu KUANTITAS Umumnya jumlah yang dikonsumsu relative kecil atau tidak tentu
Produsen berusaha memproduksi jenis produk yang terbatas KERAGAMAN Kebutuhan konsumen sangat beragam dan tak terbatas
Produsen menilai produk atas dasar biaya atau harga kompetitif NILAI Konsumen menilai produk atas dasar manfaat atau kemampuan membeli
Produsen memerlukan informasi atas siapa yang akan membutuhkan barang INFROMASI Konsumen memerlukan informasi barang apa yang dapat memenuhi kebutuhannya
Produsen memiliki barang yang tidak ingin dkonsumsi sendiri KEPEMILIKAN Konsumen menginginkan barang yang tidak dimilikinya

 

Secara singkat ketiga lingkup pengertian pemasaran dapat digambarkan dalam bentuk sekema sebagai berikut :

LINGKUP

ORIENTASI

EKSTERNAL

INTERNAL

MIKRO

Pasar

pemilik

pelaksana

pengelola

MAKRO

Masyarakat

 

FUNGSI PEMASARAN UNIVERSAL

  1. Pembelian
  2. Penjualan
  3. Pengiriman
  4. Penyimpanan
  5. Standardisasi dan klasifikasi
  6. Pembungkusan
  7. Penanggungan resiko
  8. Pendanaan
  9. Pengendalian iformasi pemasaran

 

PERKEMBANGAN KONSEP PEMASARAN

1.      Konsep produksi

Anggapan pemasar yang berorientasi kepada proses produksi bahwa konsumen hanya akan membeli produk-produk yang murah. Dengan demikian focus kegiatan perusahaan yang harus dilakukan adalah efisiensi biaya agar dapat menjual barang dengan murah kepada konsumen

 

2.      Konsep produk

Aggapan pemasar bahwa konsumen lebih menghandaki produk-produk yang berkualitas atau berpenampilan baik. Dengan demikian tujuan bisnis perusahaan adalah pengendalian kualitas.

 

3.      Konsep penjualan

Anggapan pemasar yang berorientasi kepada tingkat penjualan bahwa konsumen perlu dipengaruhi agar penjualan dapat meningkat sehingga tercapai profit maksimu sebagai tujuan perusahaan. Dengan demikian focus kegiatan perusahaan adalah usaha-usaha meningkatkan cara-cara penjualan dan kegiatan promosi yang instensif agar mampu mempengaruhi, membujuk konsumen untuk membeli sehingga penjualan dapat meningkat.

4.      Konsep pemasaran

Anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan eksternal bahwa konsumen hanya akan membeli produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan. Dengan demikian focus kegiatan perusahaan adalah berusaha memenuhi kepuasan pelanggan melalui pemahaman perilaku konsumen.

 

5.      Konsep pemasaran yang memasyarakat (sosial)

Anggapan pemasar bahwa konsumen hanya bersedia membeli produk-produk yang mampu memnuhi kebutuhan serta kesejahteraan lingkungan sosial konsumen. Tujuan kegiatan perusahaan adalah disamping berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat juga memperbaiki relasi antara produsen dan syarakat untuk peningkatan kesejahteraannya.

 

 

sumber : Buku Paket Dasar Pemasaran Universitas Gunadarma

2 thoughts on “PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s