SOAL PENDIDIKAN PANCASILA

1. Peranan Ideologi bagi bangsa Indonesia ?

Jawab :

Ideologi memiliki peranan bagi bangsa Indonesia yaitu sebagai cara pandang dan metode bagi seluruh bangsa Indonesia untuk mencapai cita-citanya, yaitu masyarakat yang adil dan makmur sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila.

 

2. Urutan yang benar rumusan pancasila oleh Ir. Soekarno yang disampaikan 1 Juni 1945, pada sidang BPUPKI !

Jawab :

  • Nasionalisme (kebangsaan Indonesia),
  • Internasionalisme (peri kemanusiaan),
  • Mufakat (demokrasi),
  • Kesejahteraan sosial, dan
  • Ketuhanan Yang Maha Esa (Berkebudayaan)

 

3. Jelaskan mengapa ketika Pancasila disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945 oleh PPKI terlebih dahulu dihapus 7 kata dari kalimat “KeTuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluk-pemeluknya” diubah menjadi “KeTuhanan yang Maha Esa”.

Jawab :

KeTuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat isla bagi pemeluk-pemeluknya diubah menjadi KeTuhanan yang Maha Esa, karena setiap orang berkeTuhanan tetapi tidak semua nya beragama islam, karena di Indonesia ada 5 agama bukan hanya Islam, jadi diubah menjadi KeTuhanan yang Maha Esa agar dapat merangkul semua agama.

 

4. Bandingkan Ideologi Pancasila dengan Ideologi Liberalisme, Komunisme, Sekulerisme, dan Ideologi Keagamaan.

Jawab :

Pancasila dengan Liberalisme

PANCASILA LIBERALISME
Kepemilikan individu dibatasi pada kepentingan yang tidak menjadi hajat hidup orang banyak Kepemilikan individu tidak dibatasi sama sekali.

 

Bercampurnya kepemerintahan dengan aspek agama.

 

Aspek pemerintah dan keagamaan dilarang untuk dicampuradukkan.

 

Masih adanya pembatasan oleh pemerintah dan agama.

 

Penolakan terhadap pembatasan oleh pemerintah dan agama.

 

 

Pancasila dengan Komunisme

PANCASILA KOMUNISME
Hak milik pribadi dan negara dipisahkan dengan jelas dan diperbolehkan sesuai peraturan. Penghapusan seluruh hak milik pribadi dan negara menjadi hak milik bersama.
Menimbulkan adanya kelas dalam masyarakat dengan penanganan masing-masing. Terciptanya negara tanpa kelas
Pemerintah yang demokratis. Pemerintahan cenderung otoriter agar rakyat dapat diatur sepenuhnya

 

Sekularisme adalah ideologi ang menyatakan sebuah Negara harus berdiri terpisah dari agaa atau kepercayaan. Sekularisme dapat menunjang kebebasan beragama dan kebebasan dari pemaksaan kepercayaan dengan menyediakan sebuah rangka yang netral dalam masalah kepercayaan serta tidak menganakemaskan sebuah agama tertentu.

 

Pancasila dengan ideologi keagamaan

PANCASILA KEAGAMAAN
Bebas memilih salah satu agama Setiap individu harus beragama dan menjalankan ibadah agama kepada Tuhannya karena Tuhan adalah tempat bergantungnya semua makhluk.
Agama harus menjiwai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara  

 

 

5. Jelaskan secara singkat dinamika pelaksanaan UUD 1945 !

Jawab :

Setelah ditetapkan oleh PPKI tanggal 18 Agustus 1945, dalam pelaksanaannya, Undang-Undang Dasar 1945 mengalami masa berlaku dalam dua kurun waktu yaitu :

  1. Kurun waktu pertama sejak tanggal 18 Agustus 1945 sampai dengan tanggal 27 Desember 1949.
  2. Kurun waktu kedua sejak anggal 5 Juli 1959 (Dekrit Presiden) sampai sekarang dan ini terbagi lagi menjadi ketiga masa yaitu : orde lama, orde baru dan masa reformasi.

 

6. Tuliskan kronologis perumusan pancasila sebagai dasar filsafat negara !

Jawab :

Pancasila yang disahkan oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 merupakan dasar filsafat negara Republik Indonesia, menurt M. Yamin bahwa berdirinya negara kebangsaan Indonesia tidak dapat dipisahkan dengan kerajaan-kerajaan yang ada, seperti Kutai, Sriwijaya, Majapahit, sampai datangnya bangsa-bangsa lain ke Indonesia untuk menjajah dan menguasai berates-ratus tahun lamanya.

 

7. Tuliskan kronologis terjadinya proklamasi kemerdekaan

Jawab :

Pada tanggal 14 Agustus 1945 Jepang menyerah kepada sekutu. Jepang telah berjanji akan mengembalikan kekuasaan di Indonesia ke tangan Sekutu. Setelah mendengar desas-desus Jepang bakal bertekuk lutut, golongan muda mendesak golongan tua untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Keesokan harinya Soekarno dan Hatta segera mempersiapkan pertemuan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada pukul 10 pagi 16 Agustus guna membicarakan segala sesuatu yang berhubungan dengan persiapan Proklamasi Kemerdekaan.

 

8. Jelaskan perbandingan filsafat pancasila dengan filsafat lainnya dari dunia.

Jawab :

1.      Pancasila

Secara filosofis, Pancasila sebagai suatu kesatuan sistem filsafat memiliki dasar ontologis, dasar epistemologis dan dasar aksiologis sendiri yang berbeda dengan sistem filsafat yang lainnya misalnya materialisme, liberalisme, pragmatisme, komunisme, idealisme dan lain-lain  paham filsafat di dunia.

Pancasila dikatakan sebagai Sistem Filsafat, karena di dalamnya terdapat nilai-nilai Ketuhanan (theologi), nilai manusia (antropologi), nilai kesatuan (metafisika, yang berhubungan dengan pengertian hakekat satu), kerakyatan (hakekat demokrasi) dan keadilan (hakekat keadilan).

2.      Materialisme

Materialisme adalah paham dalam filsafat yang menyatakan bahwa hal yang dapat dikatakan benar-benar ada adalah materi. Dengan kata lain Materialisme merupakan paham atau aliran yang menganggap bahwa dunia ini tidak ada selain materi atau nature (alam) dan dunia fisik adalah satu.

3.      Liberalisme

Liberalisme atau Liberal adalah sebuah ideologi, pandangan filsafat, dan tradisi politik yang didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan dan persamaan hak adalah nilai politik yang utama.

Secara umum, liberalisme mencita-citakan suatu masyarakat yang bebas, dicirikan oleh kebebasan berpikir bagi para individu. Paham liberalisme menolak adanya pembatasan, khususnya dari pemerintah dan agama.

4.      Pragmatisme

Pragmatisme adalah aliran filsafat yang mengajarkan bahwa yang benar adalah segala sesuatu yang membuktikan dirinya sebagai benar dengan melihat kepada akibat-akibat atau hasilnya yang bermanfaat secara praktis. Dengan demikian, bukan kebenaran objektif dari pengetahuan yang penting melainkan bagaimana kegunaan praktis dari pengetahuan kepada individu-individu.

5.      Komunisme

Komunisme adalah :

  1. Paham yang menganut ajaran Karl Marx yang bercita-cita menghapus hak milik perseorangan dan mengganti hak milik secara bersama (dikontrol pemerintah).
  2. Religi berasal dari kata religie (bahasa Belanda) atau religion (bahasa Inggris), masuk dalam perbendaharaan bahasa Indonesia dibawa oleh orang-orang Barat yang menjajah bangsa Indonesia. Sedangkan isme dapat diartikan sebagai paham. Religiusisme mempunyai pengertian sebagai paham atau keyakinan akan adanya kekuatan gaib yang suci, menentukan jalan hidup dan mempengaruhi kehidupan manusia yang dihadapi secara hati-hati dan diikuti jalan dan aturan serta norma-normanya dengan ketat agar tidak sampai menyimpang atau lepas dari kehendak jalan yang telah ditetapkan oleh kekuatan gaib suci tersebut.
  3. “Utilitarianisme” berasal dari kata Latin, utilis yang berarti “bermanfaat”. Menurut teori ini suatu perbuatan adalah baik jika membawa manfaat, tapi manfaat tersebut harus menyangkut bukan saja satu dua orang melainkan masyarakat sebagai keseluruhan. Jadi, utilitarianisme berdasar pada hasil atau konsekuensi dari suatu kegiatan atau tindakan yang dilakukan (a consequently approach).
  4. Sosialisme adalah paham yang bertujuan membentuk negara kemakmuran dengan usaha kolektif yang produktif dan membatasi milik perseorangan.
  5. Kata kapitalisme berasal dari capital yang berarti modal, dengan yang dimaksud modal adalah alat produksiseperti misal tanah, dan uang. Dan kata isme berarti suatu paham atau ajaran. Jadi arti kapitalisme itu sendiri adalah suatu ajaran atau paham tentang modal atau segala sesuatu dihargai dan diukur dengan uang

6. Idealisme

Idealisme adalah suatu ajaran/faham atau aliran yang menganggap bahwa realitas ini terdiri atas roh-roh (sukma) atau jiwa.

  1. Adanya suatu teori bahwa alam semesta beserta isinya adalah suatu penjelmaan pikiran
  2. Untuk menyatakan eksistensi realitas, tergantung pada suatu pikiran dan aktivitas-aktivitas pikiran.
  3. Realitas dijelaskan berkenaan dengan gejala-gejala pisikis seperti pikiran-pikiran, diri, roh, ide-ide, pikiran mutlak, dan lain sebagainya dan bukan berkenaan dengan materi.
  4. Seluruh realitas sangat bersifat mental (spiritual, psikis). Materi dalam bentuk fisik tidak ada.
  5. Hanya ada aktivitas berjenis pikiran dan isi pikiran yang ada. dunia eksternal tidak bersifat fisik.

 

 

9. Jelaskan masing-masing inti dari sila 1 sampai sila ke 5 !

Jawab :

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

Dalam sila ini terkandung nilai bahwa negara yang didirikan adalah tujuan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa. Setiap warga negara memiliki kebebasan untuk memeluk agaa dan menjalankan ibadah sesuai dengan keimanan dan kepercayaan masing-masing. Disamping itu, di dalam negara Indonesia tidak boleh ada paham yang meniadakan atau mengingkari adanya Tuhan.

2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

Sila ini mempunyai makna kesadaran sikap dan perbuatan yang didasarkan kepada potensi budi nurani manusia dalam hubbungan dengan norma-norma dan kesusilaan umumnya, baik terhadap diri sendiri, sesama manusia, maupun terhadap alam dan hewan.

3. Persatuan Indonesia

Persatuan Indonesia dalam sila ketiga ini mencakup persatuan dalam arti ideology, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

4. Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan

Sila ini mempunai makna bahwa rakyat dalam melaksanakan tugas kekuasaannya ikut dalam pengambilan keputusan-keputusan sebagai asas atau prinsip tata pemerintahan Indonesia.

5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Keadilan sosial berarti keadilan yang berlaku dalam masyarakat di segala bidang kehidupan, baik material maupun spiritual. Seluruh rakyat Indonesia berarti untuk setiap orang yang menjadi rakyat Indonesia.

 

 

10. Tuliskan dasar-dasar Ilmiah Pancasila sebagai suatu kesatuan sistematika yang logis

Jawab :

1. Bidang Ontologi:

Bidang yang menyelidiki makna ada (eksistensi, keberadaan, sumber ada, dan hakekat ada: termasuk ada alam, manusia, metafisika dan kesemestaan alam atau kosmologi)

2. Bidang Epistemologi:

Bidang yg menyelidiki makna & nilai ilmu pengetahuan, sumbernya, syarat-syarat & proses terjadinya ilmu, validitas & hakekat ilmu, termasuk: semantikan, logika, matematika dan teori ilmu

3. Bidang Axiologi:

Bidang yg menyelidiki makna nilai, sumber nilai, jenis & tingkatan nilai, hakekat nilai, termasuk: estetika, etika, ketuhanan dan agama.

 

 

11. Jelaskan alas an prinsip yang menjadikan pancasila sebagai pandangan hidup

Jawab :

  1. Mengakui adanya kekuatan gaib diluar diri manusia yang menjadi pencipta serta pengatur serta penguasa alam semesta
  2. Keseimbangan dalam hubungan, keserasia dan untuk menciptakannya perlu pengendalian diri
  3. Dalam mengatur hubungan peranan dan kedudukan bangsa sangat penting: persatuan dan kesatuan sebagai bangsa merupakan nilai sentral
  4. Kekluargaan, gotong royong, kebersamaan serta musyawarah untuk mufakat dijadikan sendi dalam kehidupan bersama
  5. Kesejahteraan bersama menjadi tujuan hidup bersama

 

 

12. Tuliskan unsure-unsur pancasila sebagai suatu sistem filsafat

Jawab :

  1. Unsur Ketuhanan
  2. Unsur Kemanusiaan
  3. Unsur Persatuan
  4. Unsur Kerakyatan
  5. Unsur Keadilan

 

 

13. Jelaskan peranan ideologi bagi bangsa dan negara !

Jawab :

Ideology memiliki perana bagi bangsa dan negara yaitu sebagai cara pandang dan metode bagi seluruh bangsa Indonesia untuk mencapai cita-citanya, yaitu masyarakat yang adil dan makmur sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila.

 

 

14. Tuliskan pengertian etika sebagai salah satu cabang filsafat praktis

Jawab :

Etika adalah kelompok filsafat praktis (filsafat yang membahas bagaimana manusia bersikap terhadap apa yang ada). Etika merupakan suatu pemikiran kritis dan mendasar tentang ajaran-ajaran dan pandangan-pandangan moral. Etika adalah ilmu yang membahas tentang bagaimana dan mengapa kita bersikap dan bertanggung jawab dengan berbagai ajaran moral.

 

 

15. Jelaskan berdasarkan teori-teori etika dikembangkan pengertian pancasila sebagai sistem etika !

Jawab :

Nilai,norma,dan moral adalah konsep-konsep yang saling berkaitan. Dalam hubungannya dengan pancasila maka ketiganya akan memberikan pehaman yangsaling melengkapi sebagai sistem etika. Pancasila merupakan suatu nilai yang menjadi sumberdari segala penjabaran norma baik,norma hukum,norma moral, maupun norma kenegaraan lainnya.

 

 

16. Jelaskan bahwa pancasila sebagai ideology terbuka !

Jawab :

  1. Nilai-nilai dan cita-cita digali dari kekayaan adat istiadat, budaya dan religius masyarakatnya.
  2. Menerima reformasi.
  3. Penguasa bertanggung jawab pada masyarakat sebagai pengemban amanah rakyat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s